CAPAIAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling

STKIP PGRI Bandar Lampung

Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020

  • Capaian Pembelajaran Lulusan Sikap
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; 
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 
S6Mekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan 
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11Memiliki kesadaran untuk meningkatkan keahlian bimbingan dan konseling pada bidang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling

STKIP PGRI Bandar Lampung

Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020

  • Capaian Pembelajaran Lulusan Pengetahuan
P1Menguasai konsep teori dan praksis konseling yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta studi ke Jenjang berikutnya.
P2Menguasai konsep teori dan praksis konseling untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai (calon) guru BK/Konselor.
P3Menguasai konsep dan praksis tentang paedagogi dan andragogi
P4Menguasai konsep teori psikologi dan komponen-komponennya serta pengaruhnya pada individu dan mengaplikasikan kaitan itu dalam  pelayanan BK yang profesional
P5Menguasai konsep teori dan praksis BK serta keilmuan konseling untuk merencanakan pelayanan konseling berbasis IPTEKS.
P6Menguasai konsep teori dan praksis BK serta keilmuan konseling untuk melakukan evaluasi berbasis IPTEKS.
P7Menguasai metodologi penelitian secara umum dan secara khusus.
P8Memiliki pengetahuan manajemen
P9Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik untuk mengembangkan dan memasarkan produk yang telah dihasilkan.
P10Menguasai konsep dan praksis pengonstruksian instrumentasi
P11Menguasai konsep dan praksis analisis data pada penelitian khususnya analisa data di bidang BK.
P12Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan konseling yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta studi ke Jenjang berikutnya.
P13Memeliki wawasan tentang Organisasi PGRI sebagai Organisasi Profesi Pendidik, Organisasi Perjuangan, dan Serikat Pekerja.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling

STKIP PGRI Bandar Lampung

Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020

  • Capaian Pembelajaran Lulusan Keterampilan Umum
KU1Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Memilih penelitian yang tepat guna, terkini dan termaju dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner, untuk mengembankan dan atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
KU3Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU4Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU5Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU6Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU7Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU8Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU9Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU10Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling

STKIP PGRI Bandar Lampung

Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020

  • Capaian Pembelajaran Lulusan Keterampilan Khusus
KK1Mampu melakukan kegiatan asesmen secara individual dan kelompok dengan teknik tes dan nontes secara efektif untuk menghasilkan rancangan program bimbingan dan konseling yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan;
KK2Mampu membuat perencanaan, membuat desain, melaksanakan dan melakuan evaluasi program bimbingan dan konseling serta melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil asesmen, evaluasi dan hasil penelitian yang relevan, serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait;
KK3Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan penelitian dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam berbagai setting berdasarkan berbagai macam pendekatan, teori, dan teknik yang relevan serta menyusun dalam laporan ilmiah;
KK4Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan  rancangan pelayanan konseling berdasarkan pendekatan-pendekatan, modelmodel, pola-pola, dan teknik-teknik konseling yang relevan berbasis dinamika kelompok dan experiential learning pada setting kelas dan luar kelas dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan peserta layanan sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya;
KK5Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan pendukung program BK dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan dan masalah peserta layanan;
KK6Mampu mengembangkan kemahiran mengembangkan jaringan kerja dalam riset bimbingan dan konseling dengan pembimbing, kolega, dengan metode latihan terstruktur dalam rangka pengembangan program bimbingan dan konseling;
KK7Mampu menerapkan perspektif evaluasi diri terhadap kelompok multikultural dalam pelayanan kerja yang berada di bawah area kerja bimbingan dan konseling dengan tanggung jawabnya, dan mampu mempertimbangkan karakteristik pengelolaan pembelajaran dengan mempertimbangkan aspek budaya peserta layanan sebagai upaya memandirikan serta aktif untuk mendorong terjadinya pendidikan transformatif; dan
KK8Mampu mengadministrasikan berbagai informasi dan kegiatan dalam layanan Bimbingan dan Konseling secara ilmiah (sistematis, obyektif dan logis).
× Hubungi Admin!