CAPAIAN PEMBELAJARAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling
STKIP PGRI Bandar Lampung
Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020
- Capaian Pembelajaran Lulusan Sikap
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Mekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
S11 | Memiliki kesadaran untuk meningkatkan keahlian bimbingan dan konseling pada bidang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling
STKIP PGRI Bandar Lampung
Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020
- Capaian Pembelajaran Lulusan Pengetahuan
P1 | Menguasai konsep teori dan praksis konseling yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta studi ke Jenjang berikutnya. |
P2 | Menguasai konsep teori dan praksis konseling untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai (calon) guru BK/Konselor. |
P3 | Menguasai konsep dan praksis tentang paedagogi dan andragogi |
P4 | Menguasai konsep teori psikologi dan komponen-komponennya serta pengaruhnya pada individu dan mengaplikasikan kaitan itu dalam pelayanan BK yang profesional |
P5 | Menguasai konsep teori dan praksis BK serta keilmuan konseling untuk merencanakan pelayanan konseling berbasis IPTEKS. |
P6 | Menguasai konsep teori dan praksis BK serta keilmuan konseling untuk melakukan evaluasi berbasis IPTEKS. |
P7 | Menguasai metodologi penelitian secara umum dan secara khusus. |
P8 | Memiliki pengetahuan manajemen |
P9 | Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik untuk mengembangkan dan memasarkan produk yang telah dihasilkan. |
P10 | Menguasai konsep dan praksis pengonstruksian instrumentasi |
P11 | Menguasai konsep dan praksis analisis data pada penelitian khususnya analisa data di bidang BK. |
P12 | Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan konseling yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta studi ke Jenjang berikutnya. |
P13 | Memeliki wawasan tentang Organisasi PGRI sebagai Organisasi Profesi Pendidik, Organisasi Perjuangan, dan Serikat Pekerja. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling
STKIP PGRI Bandar Lampung
Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020
- Capaian Pembelajaran Lulusan Keterampilan Umum
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Memilih penelitian yang tepat guna, terkini dan termaju dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner, untuk mengembankan dan atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal. |
KU3 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU4 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU5 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU6 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU7 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU8 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU9 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
KU10 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Program Studi S1-Bimbingan dan Konseling
STKIP PGRI Bandar Lampung
Berdasarkan SK Ketua Nomor : 28/Kpts/STKIP-PGRI/BL/Q/2020
- Capaian Pembelajaran Lulusan Keterampilan Khusus
KK1 | Mampu melakukan kegiatan asesmen secara individual dan kelompok dengan teknik tes dan nontes secara efektif untuk menghasilkan rancangan program bimbingan dan konseling yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan; |
KK2 | Mampu membuat perencanaan, membuat desain, melaksanakan dan melakuan evaluasi program bimbingan dan konseling serta melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil asesmen, evaluasi dan hasil penelitian yang relevan, serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait; |
KK3 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan penelitian dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam berbagai setting berdasarkan berbagai macam pendekatan, teori, dan teknik yang relevan serta menyusun dalam laporan ilmiah; |
KK4 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan konseling berdasarkan pendekatan-pendekatan, modelmodel, pola-pola, dan teknik-teknik konseling yang relevan berbasis dinamika kelompok dan experiential learning pada setting kelas dan luar kelas dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan peserta layanan sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya; |
KK5 | Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan pendukung program BK dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan dan masalah peserta layanan; |
KK6 | Mampu mengembangkan kemahiran mengembangkan jaringan kerja dalam riset bimbingan dan konseling dengan pembimbing, kolega, dengan metode latihan terstruktur dalam rangka pengembangan program bimbingan dan konseling; |
KK7 | Mampu menerapkan perspektif evaluasi diri terhadap kelompok multikultural dalam pelayanan kerja yang berada di bawah area kerja bimbingan dan konseling dengan tanggung jawabnya, dan mampu mempertimbangkan karakteristik pengelolaan pembelajaran dengan mempertimbangkan aspek budaya peserta layanan sebagai upaya memandirikan serta aktif untuk mendorong terjadinya pendidikan transformatif; dan |
KK8 | Mampu mengadministrasikan berbagai informasi dan kegiatan dalam layanan Bimbingan dan Konseling secara ilmiah (sistematis, obyektif dan logis). |